>Cici atau koko…..?

>

Bukan bermaksud sara, atau mendiskrimasi sebelah pihak, ini hanya ungkapan ke-iri-an hatiku sendiri. Pernahkan anda perhatikan di mall, atau di restoran, atau di tempat umum terkadang saudara kita suku Chinese mendapat perlakuan istimewa, dari dari sisi pelayanan, keramahan, dll (ini situasi yang saya lihat di Medan).

Contoh kecil saja ketika saya masuk ke sebuah restoran **** Ice di Palladium Mall, saya disambut oleh pelayan dengan sambutan : “Selamat malam”. Kemudian saya duduk di dalam dan dilayani oleh pelayan dengan sangat baik. Kebetulan saya duduk di sebelah pintu. Sambil menunggu makanan saya dihidangkan, saya perhatikan para pelayan yang bekerja. Kebetulan keluar cutomer beserta keluarganya (kebetulan suku Chinese), dengan sigapnya pelayan membukakan pintu buat mereka sambil berkata : “Terima kasih ko, terima kasih ci…” Hal ini saya anggap biasa karena merupakan sapaan yang sopan. Kemudian masuk lagi customer lain sepasang muda mudi (bukan suku Chinese), dengan sigapnya pelayan membukakan pintu sambil memberi sambutan : “Selamat malam”.

Dalam hati saya berkata, mengapa mereka diperlakukan lebih ramah, dengan sambutan “Ci…”,”Ko….”, sapaan seperti itu hanya ditujukan buat suku Chinese, tapi bagaimana dengan suku lainnya, apakah pelayan tersebut mengetahui suku apa customer yang datang, sehingga harus menyesuaikan sapaan dengan suku customer. Mengapa customer tidak memanggil saya dengan panggilan :”Selamat malam ito, eda” atau dengan suku Jawa : “Selamat malam mas, mba” dll. Apakah kami warga kelas 2 di Medan?

Ini hanya sekedar wacana kecil akan penggunaan bahasa yang mungkin sepele tapi bisa saja bermakna besar bagi yang menerima sapaan tersebut. Sebaiknya gunakan saja Bahasa Indonesia (Bahasa resmi di Indonesia) misalnya dengan sapaan : “Selamat malam Pak, Bu..” jadi tidak ada unsur kesukuan didalamnya, dan saya rasa semua pasti berterima akan hal itu.

Tanpa bermaksud SARA saya akhiri unek unek saya ini.
This entry was posted in Curhat. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

