>Teknik Setting Email Di Hp

>

Demam Blackberry alias BB sedang melanda di Indonesia. Namun jika di tilik dengan lebih spesifik salah satu kelebihan dari BB ini adalah pada kemampuannya untuk menghantarkan email ke HP kita layaknya kita menerima sms seperti pada umumnya, dan email yang dihantarkannya juga bisa atau diperbolehkan mengandung attachment.
Pertanyaan yang muncul, apakah hp biasa tidak bisa juga memiliki kemampuan untuk membaca email seperti BB. Jawabnya bisa!! Lalu syaratnya apa? Hp yang anda miliki harus bisa konek ke internet baik melalui GPRS, EDGE, jaringan 3G, jaringan 3,5G ataupun WiFi. Syarat lainnya yaitu di HP anda tersedia email client, baik yang bawaan dari HP anda maupun email client yang anda install sendiri. Email client adalah program yang memperbolehkan kita untuk mendownload email dari server email anda. Untuk email client silahkan di Googling aja deh….!!!!
Ada syarat lain yang harus dipenuhi. Yaitu anda sudah memiliki email dan email yang anda miliki itu mendukung fasilitas POP3 atau IMAP dan SMTP. Contoh layanan email gratis yang mendukung POP/IMAP dan SMTP ini adalah Gmail, Telkom.net, Plasa.com, corporate.co.id, ovi.com, dll
Jika anda memiliki email dari salah satu provider diatas,  dan HP anda memenuhi syarat diatas, kini anda siap untuk mensetting HP anda agar bisa membuka email anda.
Sebagai contoh kali ini saya anggap anda sudah memiliki email di GMAIL dan HP yang saya gunakan kali ini sebagai contoh adalah Nokia 6120c :
  • Masuk ke account gmail anda kemudian klik Setting – Forwarding and POP. Pada bagian POP download pilih Enable POP.
  • Jika sudah kini kita beralih ke HP anda. Pastikan HP anda sudah bisa GPRS atau 3G sebelumnya. Masuk ke bagian Messaging – Option – Setting – Email – Mailboxes.
  • Jika muncul pilihan “No mailboxes defined. Define now?” pilih yes. Kemudian pilih Start. Kemudian muncul pilihan IMAP4 dan POP3. Pilih POP3.
  • Pada bagian berikutnya isi alamat email anda dengan lengkap. Contohnya anda@gmail.com
  • Berikutnya pada bagian incoming mail server isi dengan : pop.gmail.com
  • Berikutnya pada bagian outgoing mail server isi dengan : smtp.gmail.com
  • Kemudian muncul pilihan “Access Point In Use” pilih always ask
  • Pada bagian mailbox name isi dengan : Gmail
  • Kembali ke menu Messaging anda akan melihat tulisan Gmail muncul dibawah Inbox. Masuk ke Gmail tersebut. Kemudian pilih Option – Email Setting – Connection Setting
  • Pilih Incoming e-mail : isi username email gmail anda dan password gmail anda. Pada bagian security (ports) pilih StartTLS kemudian pada bagian Port isi dengan 995
  • Pada bagian Outgoing e-mail : isi username gmail anda dan password gmail anda.  Pada bagian security (ports) pilihh StartTLS kemudian pada bagian Port isi dengan 465
  • Kini settingan di HP anda telah selesai dan anda bisa memilih Retrieve email untuk mendownload email dari server email anda ke HP anda. Dan bila koneksi internet HP anda belum anda putuskan, bila ada email yang masuk ke server email anda maka akan otomatis di download ke HP anda dan anda akan mendapatkan notifikasi layaknya sms.
Untuk layanan yang lain seperti OVI.COM dan HP yang lain dapat menghubungi saya via email.
Semoga bermanfaat….

Bagikan

This entry was posted in Internet, Tutorial. Bookmark the permalink.

One Response to >Teknik Setting Email Di Hp

  1. Alex says:

    >see my black_3v1L in google, and you can see how result 😀IT India

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s