>Tips Agar Account Facebook Anda Tidak Dibajak

>

Belakangan ini beberapa account Facebook, Friendster, Hi5, dll punya teman teman saya di bajak (saya menggunakan istilah dibajak agar lebih Indonesia dan terkesan tidak seram banget🙂 ) oleh orang yang tidak dikenal. Umumnya account mereka di bajak untuk tujuan mengambil chip poker (chip zynga poker), ataupun sengaja ingin mendiskreditkan orang yang account nya di bajak tersebut. Metode yang di gunakan adalah dengan menanamkan spyware (program yang merekam segala aktivitas anda di komputer tersebut dan merekam semua tombol yang telah anda ketikkan di keyboard)  ke komputer yang menjadi sasaran sambil menunggu “ikan” menggigit umpan yang ada di komputer yang telah dipasang spyware tersebut, atau bisa juga dengan memanfaatkan cookies browser yang tidak di bersihkan oleh pengguna sebelumnya, hal ini dapat di buktikan dari account yang dibajak tersebut rata-rata telah diakses dari komputer yang dipakai oleh umum (umumnya warnet). Mengapa warnet? Karena disitulah para user yang menggunakan komputer di warnet tersebut tidak sadar bahwa data yang mereka masukkan selama menggunakan komputer tersebut dapat dibaca oleh orang lain.
Berangkat dari hal tersebut saya ingin berbagi beberapa tips agar account kita tidak mudah dibajak oleh orang lain. Langsung saja kita mulai:
Tips 1:
Bila anda browsing di komputer umum (warnet) dan kebetulan menggunakan browser mozilla firefox anda dapat mengaktifkan mode Private Browsing (tools – start private browsing atau dengan menekan tombol ctrl + shift + p ). Ini akan mengaktifkan mode private browsing dimana firefox tidak akan menyimpan cookies yang mungkin timbul selama anda browsing dengan browser firefox.
Tips 2:
Kali ini kita akan menggunakan program tambahan, dimana hal ini dapat dilakukan bila komputer yang kita gunakan memungkinkan kita untuk menginstall program ini terlebih dahulu sebelum kita browsing menggunakan komputer tersebut. Gunakan anti spyware seperti S&D yang gunanya untuk mencari spyware ataupun malware yang mungkin di tanam di komputer tersebut. Keyscramble gunanya untuk mengacaukan data tombol yang anda ketik di keyboard namun hasil di munculkan di layar adalah sesuai dengan yang anda ketikkan, hal ini bertujuan untuk mengacaukan pembacaan data ketikan keyboard yang di lakukan oleh spyware. Gunakan program antivirus internasional yang terupdate di komputer yang anda gunakan. Saya pribadi merekomendasikan ESET Nod32 (link download dan cara updatenya dapat di googling jika kurang paham PM saya)
Tips 3:
Bila anda menggunakan google chrome atau pun firefox untuk browsing anda dapat menggunakan addons/plugins lastpass (googling aja dimana downloadnya dan cara penggunaannya) yang dimana addons ini setelah anda mengkonfigurasinya kemudian anda mengunjungi web yang telah anda konfigurasi maka login ke web tersebut akan di lakukan otomatis oleh plugins ini tanpa anda perlu mengetik lagi di keyboard sehingga spyware tidak dapat membaca apa yang telah anda ketikkan.
Tips 4:
Rutinlah mengganti password anda, dan gunakan password seunik mungkin. Jika memungkinkan jangan gunakan huruf latin sebagai password anda tapi gunakanlah huruf kanji atau yang sejenis nya sebagai password anda. Gunakan google translate untuk menggenerate huruf kanji tersebut. Hal ini bertujuan agar spyware tidak dapat membaca password dalam bentuk huruf kanji karena pada umumnya spyware hanya dirancang untuk membaca data huruf latin.
Tips 5:

Tambahan dari agan nanatea (KASKUS MEMBER), agar alamat emailnya di setting untuk tidak terlihat oleh orang lain. Ini dapat dilakukan lewat pengaturan AKUN FB anda – Pengaturan Privasi  lalu bagian alamat email anda (paling bawah ) setting dengan hanya saya.
Juga upayakan agar password email yang anda gunakan sebagai username FB dengan password FB anda tidak sama (ini merupakan kesalahan yang sering dilakukan oleh orang karena malas mengingat password yang banyak.) Terima kasih agan nanatea.

Demikian beberapa tips dari saya. Jika ada kekurangan mohon di tambahkan atau dikoreksi pun saya berkenan.

Bagikan

This entry was posted in Internet, Tutorial, Umum. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s